Kehidupan 1 Hari dan 1 Minggu, Murid kelas 1 SD

Para murid tiba di sekolah sebelum jam 8.30 pagi.  Jam masuk sekolah ini sedikit berbeda tergantung pada sekolahnya.
Ketika berangkat ke sekolah, umumnya para murid tidak berangkat sendirian, kebanyakan mereka akan berkumpul di dekat rumah nya dan pergi ke sekolah bersama-sama.  Pergi ke sekolah bersama-sama ini disebut “shudan-toukou” = berangkat ke sekolah secara berkelompok.

Sebelum mata pelajaran pertama dimulai, akan diselenggarakan “Asa no Kai”= Orientasi Pagi, di saat ini lah PR dikumpulkan dan wali kelas akan menjelaskan berbagai pengumuman.

Di pagi hari terdapat 4 jam pelajaran, masing-masing mempunyai jam istirahat selama 10 menit. Untuk jeda antara jam pelajaran ke-2 dan ke-3, istirahatnya lebih panjang, yaitu 20 menit.

Makan siang sekolah dilakukan antara jam pelajaran pagi dan siang.  Setelah makan siang, istirahatnya sedikit lebih lama, yakni 30 menit.  Lalu setelah itu, murid-murid akan bersama-sama membersihkan ruang kelas dan koridor yang selalu dipergunakan.

Siangnya ada jam pelajaran ke-5, meskipun bagi murid yang baru masuk sekolah kadang tidak ada.
Setelah mata pelajaran siang selesai, akan diadakan “Kaeri no Kai” = Orientasi Pulang.
Pada Orientasi ini, Guru akan menjelaskan tentang PR untuk besok dan yang lain-lain.
Murid-murid akan pulang ke rumahnya juga secara bersama-sama. 

Kebanyakan Sekolah Dasar belajar dari Senin sampai Jumat.  Sabtu, Minggu, dan hari besar tgl merah, tidak ada pelajaran di kelas.  Hari besar tgl merah ditentukan oleh negara dan sekolah libur pada tgl merah ini.

よかったらシェアしてね!
  • URLをコピーしました!
  • URLをコピーしました!
目次
閉じる