Acara 1 tahun untuk siswa Sekolah Dasar Jadwal Tahunan Sekolah Dasar di Jepang

Sekolah-sekolah di Jepang akan memulai semester barunya pada bulan April.

Periode mulai dari upacara masuk sekolah di bulan April hingga liburan musim panas di bulan Juli disebut “ichi-gakki atau semester pertama”.

Pada bulan April, akan ada “upacara masuk sekolah” dan “pengukuran tubuh”.  Pengukuran tubuh adalah mengukur tinggi badan, berat badan, daya penglihatan, daya pendengaran, dll.

Di bulan Mei akan ada “ensoku atau tamasya musim semi”.  Pada saat tamasya itu, murid-murid akan membawa makan siang dalam kotak yang disebut bento, yang dibuat oleh orang tuanya masing-masing.

Lalu ada pula “Katei houmon = kunjungan ke rumah”.  Dalam kunjungan ke rumah, guru akan datang ke rumah untuk mendengarkan kondisi sang murid di rumahnya, dan memberitahukan kondisinya di sekolah.

“Pelajaran renang” akan dimulai pada bulan Juni.  Meskipun ada juga SD yang tidak memiliki pelajaran renang.

Natsu Yasumi atau Liburan musim panas” akan dimulai pada akhir Juli.  Tidak ada pelajaran selama liburan musim panas ini.  Tetapi akan ada PR yang harus diselesaikan selama liburan musim panas.

Periode dari “upacara pembukaan kelas” di bulan September hingga awal “liburan musim dingin” di bulan Desember disebut “Ni-gakki  atau semester kedua”.

Di bulan September, akan ada “upacara pembukaan kelas” dan “pengukuran tubuh”.

Di bulan Oktober ada “pesta olahraga Undokai“.  Para orang tua juga pergi untuk melihat pesta olahraga ini.

Di bulan November ada “Bunkasai = festival budaya”.  Ada juga sekolah yang menamakannya sebagai “Gakushu-happyoukai atau Presentasi Pembelajaran”.

Di bulan Desember akan ada “acara Maraton-taikai  atau lomba maraton”.  

Lalu, “liburan musim dingin” akan dimulai pada akhir Desember.

Pada bulan Januari, liburan musim dingin berakhir dan akan ada “upacara pembukaan kelas”.

Periode dari upacara pembukaan kelas di bulan Januari hingga upacara penutupan kelas di bulan Maret disebut “san-gakki  atau semester ketiga”.

Pada bulan Maret, ada “upacara kelulusan” untuk siswa kelas enam.  Dan ada “upacara penutupan kelas” untuk siswa kelas 1 hingga kelas 5.  Setelah upacara penutupan kelas, dimulailah liburan musim semi.

よかったらシェアしてね!
  • URLをコピーしました!
  • URLをコピーしました!
目次
閉じる